Kapan Saat Yang Tepat Ganti Oli Matic

Oleh: Hermas E Prabowo

Banyak yang datang ke Worner Matic, bengkel spesialis transmisi otomatis & mobil matic, dan bertanya kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli matic.

Ada juga yang tanya, kapan interval yang tepat. Tiap kelipatan berapa kilometer harus ganti oli matic?

Jawabannya tergantung jarak tempuh, kondisi jalan yang dilalui, perilaku berkendara dan tentunya jenis mobil atau transmisi maticnya.

Meski jenis mobil maticnya sama, kalau cara berkendara, kondisi jalan yang dilalui, dan jarak tempuhnya beda, intervalnya juga berbeda.

Yang paling mungkin untuk diketahui adalah seberapa kotor oli matic existing yang ada di dalam gearbox matic saat ini. Itu bisa jadi salah satu indikator.

Tentu ini sulit dilakukan sendiri oleh pemilik mobil. Karena ada jenis oli matic produk tertentu yang kuat warnanya, sekalipun kualitas sudah turun, tapi tampak masih berwarna merah, misalnya. Begitu sebaliknya.

Ganti oli matic adalah suatu proses mengeluarkan oli matic yang tertampung di bak oli matic, dengan cara membuka baut pembuangan.

Umumnya untuk mobil Jepang, hanya sekitar 40 persen yang bisa diganti dari total oli matic yang ada dalam gearbox.

Mengecek dan mengganti oli matic sebaiknya dilakukan di bengkel yang kompeten, punya alat dan berpengalaman.

Sebaiknya kapan? Kalau mobil dipakai dari baru dengan pemakaian standar di jalanan yang sering macet parah, interval 15.000 KM sangat bagus dan aman.*

—————————————————–

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch; mobil CBU & CKD (AS, Eropa dan Asia). Diagnosa Akurat dan Terjangkau. Pasti, Bergaransi & Terpercaya.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok) dan Bekasi.
Telp/WA 08121015018

Info lebih lanjut silakan Klik IG Worner Matic

Ada Yang Pasti, untuk Apa Spekulasi