Bahaya Bocor Oli Matic
Oleh: Hermas E Prabowo
Oli sangat vital. Bagi mesin, oli berfungsi sebagai pelumas. Kalau bocor dan akhirnya kurang, mesin bisa rontok.
Bagi transmisi matic, selain sebagai pelumas, oli matic berperan utama dalam mendukung kerja clutch, brake dan torque converter.
Oli matic bocor lalu kurang, membuat clutch, brake dan torque converter slip dalam gearbox matic, overheat lalu gagal bekerja dan berpotensi rusak parah.
Karena itu, kebocoran oli matic tidak bisa dianggap sepele. Musti ditangani dengan baik, di bengkel yang tepat, agar tidak terlambat.
Sekilas saya sampaikan bahwa begitu mesin hidup, pompa akan menghisap oli matic. Oleh pompa, oli matic didorong masuk dalam valvebody.
Di valvebody ini oli matic dibagi ke empat jurusan utama yaitu torque converter, cooler, lubrikasi dan ke manual valve.
Oleh manual valve oli matic dibagi lagi ke clutch dan brake. Oli yang kurang menyebabkan sistem pelumasan tidak berjalan baik.
Padahal dalam gearbox matic banyak komponen logam bersentuhan saat berputar. Mulai dari one way clutch, washer dan turbin dalam torque converter.
Sampai input shaft, intermediate dan output shaft; pompa oli matic, planetary gear, one way clutch, drum clutch, hub, dan beberapa titik yang berhubungan dengan casing.
Bayangkan kerusakan parah seperti apa yang akan terjadi saat oli matic bocor dan kurang. Belum lagi friction dan steel clutch, juga band yang berpotensi terbakar.
Jangan anggap remeh kebocoran oli matic.*
—————————————————–
Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch; mobil CBU & CKD (AS, Eropa dan Asia). Diagnosa Akurat dan Terjangkau. Pasti, Bergaransi & Terpercaya.
Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok) dan Bekasi.
Telp/WA 08121015018
Info lebih lanjut silakan Klik IG Worner Matic
Ada Yang Pasti, untuk Apa Spekulasi