Pindah Tuas Kasar, Gejala atau Ciri Transmisi Matic Rusak (2nd)

Oleh: Hermas E Prabowo

Kaget, saat pindah tuas matic berasa kasar. Ada juga yang sampai bunyi ngejedug. Musti waspada, karena transmisi matic sedang bermasalah.

Kasar juga bisa terjadi pada mobil dengan gear selector mode electrical. Tidak semata pada selector tipe geser manual.

Gejala atau kerusakan transmisi matic ini paling umum terjadi. Bisa menimpa transmisi matic tipe konvensional maupun yang CVT.

Ada yang ekspresi kasarnya nggak begitu terasa, ada kasar sekali. Bahkan dalam beberapa kasus, perpindahan tuas kasar ini sampai membuat rompol komponen mekanikal dalam gearbox matic.

Ada juga bahkan sampai merusak one way clutch (kopling satu arah). Padahal komponen ini mahal dan nggak gampang nyarinya.

Buat Anda yang mobil maticnya bergejala kasar seperti itu, jangan anggap sepele. Segera bawa ke bengkel dan lakukan perbaikan.

Karena pengalaman, penanganan masalah pindah kasar lebih awal, dapat menghemat biaya perbaikan signifikan. Dibanding kalau dibiarkan lama.

Perpindahan kasar terjadi akibat tekanan oli yang berlebihan pada clutch atau brake.*

—————————————————–

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch; mobil CBU & CKD (AS, Eropa dan Asia). Diagnosa Akurat dan Terjangkau. Pasti, Bergaransi & Terpercaya.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok) dan Bekasi.
Telp/WA 08121015018

Info lebih lanjut silakan Klik IG Worner Matic

Ada Yang Pasti, untuk Apa Spekulasi