Lakukan 4 Hal Ini Saat Akan Memperbaiki Transmisi Matic

Oleh: Hermas E Prabowo

Mobil matic Anda bermasalah? Santai saja, nggak usah panik. Namanya mobil, banyak komponen yang berputar, bergerak, dipakai terus, lalu rusak. Ya… Itu wajar.

Tinggal perbaiki saja. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk memperbaiki transmisi otomatis, ada baiknya melakukan 4 (empat) hal berikut ini.

Pertama, benarkah bahwa masalah yang terjadi pada mobil Anda saat ini memang bersumber dari transmisi atau gearbox matic, atau jangan-jangan ada yang lain.

Lakukan diagnosa dan analisa di bengkel yang kompeten, yang memahami betul sistem kerja transmisi otomatis dan sistem pendukungnya; menguasai skill, kompetensi dan keilmuan yang mumpuni terkait transmisi matic.

Jangan mempercayakan mobil Anda ke bengkel tetap atau freelance yang tidak paham betul dengan sistem kerja transmisi matic. Fatal akibatnya, sekalipun itu hanya pekerjaan mengganti atau menguras/flushing oli matic

Kedua, pastikan buat kesepakatan di awal dengan bengkel tetap atau freelance bahwa uang Anda bisa kembali 100 persen apabila perbaikan transmisi matic sampai tidak berhasil dilakukan.

Bila dia ragu atau tidak mau, batalkan. Itu mengindikasikan dia tidak mampu dan tidak yakin dengan kompetensinya, dan hanya coba-coba saja (trial error), karena itu dia tidak mau rugi dan menanggung risiko.

Banyak kasus orang gagal memperbaiki kerusakan transmisi otomatis, setelah keluar uang banyak, lalu uang tidak kembali.

Hati-hati juga saat Anda diminta membeli sparepart dan oli matic sendiri, karena itu artinya risiko kegagalan perbaikan 80 persen ditanggung Anda. Karena sekitar 80 persen dari total biaya perbaikan transmisi otomatis mobil untuk belanja sparepart. Banyak pemilik mobil kejeblos pada titik ini, akibat tidak menghitung faktor risiko.

Ketiga, jangan terjebak dengan godaan tawaran biaya murah. Karena ini bisa jadi jebakan Batman, kalau transmisi matic sudah dibongkar, biaya tiba-tiba membengkak.

Anda bisa menghitung dengan logika dan rasional kebutuhan biaya sparepart. Harga seal dan gasket set original berapa, oli matic per liter berapa, filter oli matic berapa, kampas kopling dan plat baja per psc berapa dan jumlah dalam gearbox berapa; begitu pula harga solenoid, pressure switch, planetary gear set, CVT assy, drum clutch, pompa oli matic, dan torque converter berapa. Juga komponen kecil lain seperti bearing, washer, harnes dll. Cek price list di bengkel resmi atau di toko sparepart. Di toko online banyak yang jual, umumnya KW.

Keempat, pastikan ada jaminan garansi dan berapa lama. Garansi wajib tertulis, jangan hanya omongan. Poin dan item apa saja yang digaransi, harus jelas.

Apakah komitmen garansi di jalankan secara sungguh-sungguh, atau sekadar pemanis saja. Teliti dengan saksama.

Itu tadi empat langkah yang wajib Anda tahu dan ikuti saat mau memperbaiki masalah mobil matic atau transmisi matic mobil Anda, supaya aman dan nyaman.*

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch; mobil CBU & CKD (AS, Eropa dan Asia.) Pasti, Bergaransi & Terpercaya.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok), Bekasi dan Semarang.
Telp/WA 08121015018

Ada Yang Pasti, untuk Apa Spekulasi