Isuzu Panther Generasi 2, Transmisi Matic Jadul Tapi Awet

Oleh: Hermas E Prabowo

Isuzu Panther mulai mengusung transmisi matic pada mobil produksi generasi 2, untuk tipe tertentu. Panther generasi 2 mulai tahun 2000.

Sekalipun jadul, transmisi matic Panther generasi 2 ini hebat di zaman dan di kelasnya.

Model transmisi maticnya AT 4 speed konvensional sudah full electrical. Meski masih dengan teknologi sederhana.

Untuk pembentukan rasio gigi 1 – 4 didukung tiga clutch, yaitu overdrive direct clutch, forward clutch dan direct clutch.

Juga didukung 4 brake, yaitu overdrive brake, second coast brake, second brake serta first & reverse brake.

Masih didukung juga dengan tiga one way clutch yaitu over drive one way clutch, one way clutch no 1 dan one way clutch no 2.

Untuk mendukung kerja perpindahan gigi otamatis, disertakan tiga solenoid. Solenoid 1, 2 dan 3.

Transmisi matic Isuzu Panther ini nyaman dan halus dikendarai pada masanya, dan lock up bekerja di awal pada saat masuk gigi 3.

Transmisi matic Isuzu Panther ini tidak dilengkapi brake band atau kampas model bando.

Keunggulan

Karena lock up converter bekerja lebih awal, model transmisi matic Panther ini tergolong bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

Didukung sistem perpindahan gigi otomatis yang full electrical, perpindahan gigi otomatis lebih tepat waktu dan presisi.

Ada kelengkapan fitur OD/OFF sehingga memudahkan saat hendak menyalip, atau melahap tanjakan panjang yang ketinggiannya tanggung dan butuh bertahan di gigi tiga.

Pilihan mode pergeseran tuas P R N D 2 dan L, di mana pada gigi L atau low gear dilengkapi tekanan oli tambahan agar mampu menyalurkan torsi mesin cukup besar saat menanjak.

Berdasar catatan Worner Matic (bengkel spesialis transmisi otomatis dan mobil matic ternama), kerusakan transmisi matic umumnya terjadi pada usia di atas 15 tahun, dengan jarak tempuh di atas 150.000 KM.

Bisa dilakukan perbaikan dan peremajaan transmisi matic di Worner Matic bila ada masalah, gejala atau kerusakan transmisi matic Isuzu Panther, agar mencapai hasil optimal dan perpindahan gigi otomatis halus lagi.

Kekurangan

Ketika usia pakai sudah tua, mulai muncul berbagai masalah atau kerusakan pada transmisi matic Isuzu Panther ini.

Gejala atau kerusakan bervariasi mulai dari tenaga berkurang, perpindahan gigi otomatis terganggu, stuck di gigi tertentu, muncul indikator check trans, akselerasi payah saat kick down, pindah gigi 1 – 2 lama, atau 2 – 3 lama, atau musti angkat gas untuk masuk gigi 4.

Untuk beberapa kasus juga tidak bisa maju atau mundur sama sekali, atau bisa maju dan mundur hanya sesaat saja. Atau, diawal geser tuas tidak langsung respon

Tapi tidak perlu khawatir, berbagai masalah atau kerusakan itu bisa ditangani dengan baik di Worner Matic.

Sering juga Worner Matic dapat limpahan dari bengkel lain yang mereka gagal memperbaiki.

Untuk kasus limpahan dari bengkel lain kadang butuh biaya lebih besar karena kerusakan sudah lebih parah akibat salah penanganan.

Sebaiknya datang langsung ke Worner Matic sebelum kerusakan lebih parah terjadi pada transmisi matic Isuzu Panther kesayangan Anda.

Jangan mencoba memperbaiki kerusakan sendiri atau ke tempat yang tidak profesional, karena bisa berujung kerusakan lebih parah dan fatal. Apalagi yang sekadar coba-coba.*

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch baik CBU atau CKD (mobil AS, Eropa dan Asia.) Bergaransi & Terjangkau.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok), Bekasi dan Semarang.
Telp/WA 08121015018