Transmisi Matic Pajero Sport, Tangguh Tapi Jangan Terlena

Oleh: Hermas E Prabowo

Tangguh! Satu kata untuk menggambarkan berbagai macam keunggulan yang dimiliki transmisi matic 5 speed Pajero Sport.

Selain bentuknya ringkas untuk ukuran transmisi matic 5 speed, juga lebih ringan karena penggunaan material khusus.

Ketangguhan transmisi matic 5 speed Pajero Sport ini sudah teruji, karena transmisi matic ini hasil pengembangan generasi sebelumnya yang 4 speed, dan sudah tangguh digunakan sejak 1990an.

Pajero Sport generasi kedua yang diproduksi 2008 – 2016 memang tidak diragukan keandalannya.

Dengan power mesin yang besar, body yang kokoh didukung transmisi matic 5 speed model konvensional yang tangguh, membuat Pajero Sport susah dicarikan tandingannya.

Dibandingkan kompetitor utama Toyota Fortuner, transmisi matic Pajero Sport lebih unggul selangkah. Fortuner sendiri di era itu masih menggunakan transmisi matic 4 speed.

Namun begitu, berdasar catatan Worner Matic, bengkel spesialis transmisi otomatis dan mobil matic, sekalipun tangguh dan punya banyak keunggulan, transmisi matic Pajero Sport juga punya beberapa kelemahan.

Apa Saja Keunggulannya?

Pengelolaan tekanan oli matic yang tepat, dengan dukungan sistem electrical, memungkinkan transmisi matic ini mampu melayani kerja clutch saat perpindahan gigi otomatis dengan sangat baik pada putaran tinggi sekalipun.

Bobotnya lebih ringan dengan penggunaan material khusus pada clutch retainer, dan casing aluminium pada pompa oli matic.

Kerja gearbox matic Pajero Sport didukung dua set planetary gear yaitu overdrive dan output carrier; dua one way clutch; tiga set clutch yaitu direct, overdrive dan reverse; juga dua brake yaitu low & reverse dan second.

Pada torque converter sudah dilengkapi dengan clutch internal, yang disebut torque converter clutch.

Untuk mendukung manajemen pengaturan tekanan oli matic yang lebih stabil, transmisi matic Pajero Sport ini menggunakan cukup banyak solenoid.

Mulai low & reverse brake solenoid, second brake solenoid, underdrive dan overdrive solenoid, reduction brake solenoid hingga lock up solenoid.

Rasio gigi 1 di angka 3,789 sehingga lebih bertenaga, gigi 2 di 2,057 sehingga tetap bertenaga meski di gigi 2, dan rasio gigi akhir 0,731. Rasio gigi 1 : 1 didesain pada gigi 4.

Transmisi matic Pajero Sport juga didukung torque converter dengan volume besar, dilengkapi lock up, sehingga mampu menyalurkan torsi besar dari mesin dan tetap efisien konsumsi bahan bakarnya.

Sangat cocok dengan karakter mesin diesel yang mampu menyemburkan tenaga besar dengan putaran RPM rendah.

Untuk memonitor kinerja perubahan rasio gigi, dilengkapi dua sensor kecepatan yang selalu mengawasi putaran as input dan as output setiap saat.

Didukung oleh perangkat sistem kontrol transmisi matic yang berada di luar gearbox, memungkinkan sedikit gangguan kinerja transmisi matic akibat masalah electrical maupun software.

Lalu Apa Kelemahannya?

Pada usia pakai tertentu umumnya di atas delapan tahun, atau jarak tempuh di atas 100.000 KM, berdasarkan catatan Worner Matic, transmisi matic Pajero Sport ini mulai muncul masalah.

Mulai dari pergerakan tuas matic (lever) yang tidak lagi presisi, hingga terjadi kebocoran oli matic di sana sini.

Jangan dibiarkan berlarut-larut, untuk menghindari timbulnya masalah yang lebih parah. Bawa saja ke Worner Matic untuk dilakukan perbaikan secara tepat.

Banyak kasus yang ditemui Worner Matic adalah munculnya gejala yang intermittent. Muncul dalam kondisi tertentu dan di kecepatan tertentu. Misal saat nanjak panjang, atau saat jalan dengan RPM tanggung atau ngambang.

Adalagi yang perpindahan gigi otomatis gagal bekerja, dan stuck digigi tertentu saja. Juga sering muncul gangguan saat perpindahan di gigi aras, seperti 3 ke 4 atau 4 ke 5.

Sering juga dijumpai Worner Matic tenaga Pajero Sport seperti hilang, bisa sampai 40 persen. Rasanya seperti bawa Isuzu Panther.

Tapi tidak usah khawatir dengan masalah, gejala atau kerusakan transmisi matic Pajero Sport seperti di atas. Bawa saja ke Worner Matic, semua bisa ditangani dengan baik.

Yang perlu jadi catatan bahwa perbaikan transmisi matic Pajero Sport tidak boleh setengah-setengah. Hasilnya nanti tidak bisa maksimal, bahkan cenderung tidak baik.

Transmisi matic Pajero Sport butuh segala sesuatunya bagus dan presisi tinggi, maklum untuk mendukung kinerja mesin yang gahar.

Jangan spekulasi, karena bisa membuat kondisi transmisi matic makin parah dan gagal bekerja.

Buat pemilik mobil matic, ketika memperbaiki transmisi matic Pajero Sport 5 speed, baiknya minta jaminan garansi yang jelas. Jangan sampai kejeblos, menyesal kemudian.*

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch baik CBU atau CKD (mobil AS, Eropa dan Asia.) Bergaransi & Terjangkau.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok), Bekasi dan Semarang.
Telp/WA 08121015018