Kesalahan Fatal Yang Biasa Dilakukan Saat Membeli Mobil Matic Seken

Oleh: Hermas E Prabowo

Banyak orang senang beli mobil seken. Termasuk mobil matic. Tapi banyak juga orang yang sering melakukan kesalahan saat membeli mobil matic seken.

Apa itu? Kesalahan mendasar yang banyak dilakukan orang adalah menganggap bahwa transmisi maticnya baik-baik saja.

Padahal umur pakai mobil sudah lebih dari lima tahun, bahkan sepuluh atau 15 tahun. Tidak ada catatan bahwa gearbox maticnya pernah mengalami perbaikan atau peremajaan.

Pada saat mengecek, tidak menggunakan alat diagnosa. Cuma longak-longok kolong mobil. Pengetahuan tentang transmisi matic juga terbatas, mungkin hanya sekadar tahu kulitnya saja dari teman atau ngintip di komunitas.

Dia juga tidak paham bagaimana latar belakang kondisi mobil itu. Apakah pernah nabrak, kebanjiran atau pernah ganti gearbox matic satu gelondong dan tidak sesuai, atau mungkin pernah kecelakaan ringan atau berat.

Dia juga nggak nyobain mobil itu sampai batas kemampuan optimalnya. Cuma muter komplek, jalan 1 – 2 kilometer, nggak tahu saat kondisi dingin, panas maupun saat lari kencang.

Dia juga tidak tahu oli matic yang dipakai saat itu apakah sesuai spesifikasi, atau sudah ditambah cairan tertentu atau pakai tipe lain yang bisa membantu “seolah-olah” gearbox maticnya masih dalam kondisi bagus untuk sementara waktu.

Pendek kata, terlalu percaya dengan penjual. Dengan cerita dan omongan si penjual bahwa transmisi maticnya masih bagus.

Apalagi kalau eksterior dan interior mobil juga mulus dan bagus, termasuk bagian dan ruang mesin yang bersih. Makin mudah kepincut.

Tapi apa yang terjadi kemudian? Baru dipakai sehari, satu-dua minggu, sebulan atau paling lama tiga bulan, transmisi maticnya mulai bermasalah.

Barulah dia kesal dan marah-marah. Menganggap bahwa dia sudah ditipulah, menyesal pakai mobil matic, bahkan sampai ada yang menyesali diri berlama-lama.

Solusi

Lalu apa solusinya? Mudah saja. Anggap saja saat Anda membeli mobil matic seken, yakinkan dalam diri Anda bahwa transmisi maticnya nggak lama lagi akan bermasalah.

Kalau bisa, sekali lagi kalau bisa, syukur-syukur bisa terkonversi dalam harga beli yang lebih rendah.

Sehingga Anda sudah siap mental, bila sewaktu-waktu mendadak matic rusak. Biar Anda tidak setiap hari mengumpat diri sendiri.

Ini adalah cara berdamai sejak awal. Ingat bahwa transmisi matic itu tersusun dari serangkaian material besi, kampas, karet, plastik, tembaga yang semua ada umurnya karena bisa saja aus.

Satu lagi, Anda mau pakai mobil untuk jangka panjang. Kalau sampai ada ganjalan dalam hati, selamanya nggak akan nyaman bawa mobil itu.

Kalaupun setelah beli rusak, nggak masalah. Bawa saja ke Worner Matic, bengkel spesialis transmisi otomatis & mobil matic. Beres!

Kalau dipakai lama tetap oke dan nggak rusak? Anggap saja itu bonus. Beres! Gitu aja kok repot, begitu kata Gus Dur.*

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch baik CBU atau CKD (mobil AS, Eropa dan Asia.) Bergaransi & Terjangkau.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok), Bekasi dan Semarang.
Telp/WA 08121015018