Gejala dan Kerusakan Transmisi Matic CVT Nissan Grand Livina

Oleh: Hermas E Prabowo

Apa saja gejala atau masalah kerusakan yang sering dijumpai pada transmisi matic CVT Nissan All New Grand Livina?

Mengetahui gejala dan masalah pada transmisi matic CVT Livina baik agar kita tahu lebih awal, sehingga tidak telanjur mengalami kerusakan lebih parah.

Banyak kasus pemilik mobil terlambat menyadari, atau bahkan membiarkan masalah terjadi berlarut-larut, sehingga ketika dilakukan perbaikan butuh biaya besar.

Berdasarkan pengalaman keberhasilan perbaikan banyak transmisi matic CVT All New Grand Livina di bengkel Worner Matic (spesialis transmisi otomatis dan mobil matic), ada beberapa variabel yang mengakibatkan kerusakan transmisi matic CVT itu.

Pertama, usia pakai. Transmisi matic CVT Livina bukan komponen yang tidak bisa rusak, atau abadi. Pada masa pakai tertentu pasti akan rusak, banyak yang aus sehingga gagal bekerja.

Jadi kalau kebetulan mobil Anda rusak, jangan baper. Semua ada waktunya, ada masanya

Kedua, salah pemakaian. Cara pakai yang kasar, agresif, atau melintasi medan berat akan memperpendek umur pakai matic CVT.

Ketiga, perawatan yang tidak tepat. Mengganti oli matic sembarangan, bukan oleh orang yang paham dan kompeten bisa mengakibatkan kerusakan.

Keempat, faktor lain seperti kecelakaan, gangguan hewan atau faktor lingkungan, banjir bisa mengakibatkan transmisi matic CVT Nissan All New Grand Livina rusak lebih cepat.

Gejala Yang Perlu Tahu

Apa saja gejala transmisi matic CVT Nissan All New Grand Livina bila bermasalah atau rusak?

Pertama, loss power. Gejala kerusakan transmisi matic CVT Livina ini bisa parsial di rasio CVT tertentu, atau di semua rasio CVT.

Kondisi ini terjadi akibat transmisi CVT tidak mampu menyalurkan tenaga dan putaran dari mesin ke roda dengan baik. Jangan dipaksa, karena memicu kerusakan lebih parah.

Kedua, masih seputar loss power tapi sifatnya temporer. Kadang kadang saja, dan hanya dalam kondisi tertentu saja

Kalau mobil CVT All New Grand Livina Anda mengalami masalah seperti ini, jangan dipaksa terus. Baiknya lakukan pengecekan lebih awal.

Ketiga, masalah kebocoran oli matic CVT. Jangan dianggap sepele. Kebocoran oli matic CVT bisa memicu kerusakan fatal pada gearbox matic.

Keempat, jalannya tidak stabil alias anjut-anjutan pada RPM atau tingkat kecepatan tertentu. Bisa dikecepatan rendah atau tinggi.

Segera lakukan pemeriksaan dan pengecekan, jangan dibiarkan berlarut-larut. Apalagi terus memakainya dengan cara agresif.

Kelima, muncul bunyi. Muncul bunyi dari area gearbox matic CVT juga harus diwaspadai. Pertanda ada komponen aus, dan berisiko menjalar ke komponen yang mobile lainnya dalam gearbox. Jangan dipaksa terus jalan.

Keenam, perpindahan yang kasar saat tuas di geser ke posisi tertentu, atau terjadi delay engagement. Jangan dibiarkan berlarut.

Ketujuh, munculnya indikator pada dashboard yang tidak wajar. Baik indikator kecepatan, RPM atau lampu indikator lain yang berhubungan langsung atau tidak dengan kinerja transmisi matic.

Kedelapan, ada beberapa gejala lain di luar tujuh gejala atau masalah transmisi matic CVT All New Grand Livina, yang terekspresi pada kinerja transmisi matic.

Dari berbagai gejala dan masalah transmisi matic CVT Livina di atas, tentu sangat sulit ditangani sendiri oleh pemilik mobil atau oleh bengkel yang tidak mempunyai keahlian khusus. Malah bisa memicu kerusakan lebih parah, bahkan menyebar lebih luas.

Memperbaiki transmisi matic CVT All New Grand Livina nggak bisa coba-coba dan spekulasi. Biayanya bisa membengkak dan tidak terukur.

Karena komponen transmisi matic mahal dan rentan, pastikan pilih bengkel yang memberikan kenyamanan, seperti adanya jaminan garansi dan jaminan kepastian mobil selesai dan bagus lagi. Garansi baiknya hitam di atas putih.

Jangan mudah terkecoh dengan janji manis, atau mereka yang suka simplifikasi dalam berpikir, minim pengetahuan, skill dan minim analisa teknik. Sekecil mungkin risiko ditanggung konsumen itu jauh lebih baik.*

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch baik CBU atau CKD (mobil AS, Eropa dan Asia.) Bergaransi & Terjangkau.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok), Bekasi dan Semarang.
Telp/WA 08121015018