Flushing atau Ganti Oli Matic, Tidak Perlu Ganti Filter

Sering saya ditanya calon customer, kalau flushing, kuras atau ganti oli matic sekalian ganti filter oli matic berapa biayanya?

Saya tidak habis pikir. Untuk apa mereka ganti filter oli matic? Mengapa mereka senang sekali buang-buang uang untuk hal yang tidak perlu?

Kalau banyak duit dan kaya raya sich… nggak apa-apa. Lha ini kaya saja enggak, tapi senang mengganti barang yang tidak perlu, hanya karena dapat informasi salah.

1000 Persen Tidak Perlu

Filter oli matic dalam transmisi otomatis mobil bertugas menyaring kotoran yang larut dan terbawa oleh oli matic.

Pada saat gearbox matic dirakit pabrik, dalam kondisi yang bersih dan bebas dari kotoran apapun.

Dalam perjalanan waktu, transmisi matic bekerja. Komponen dalam gearbox matic seperti torque converter, pompa, valvebody, clutch, band, dan shaft bekerja.

Tentu saja ada gesekan. Tapi itu sangat minim. Misal ada gesekan antara kampas dan plat kopling, atau antara as input, intermediate dan output dengan bushing.

Tapi gesekannya minim sekali. Kalaupun ada kotoran sangat halus, larut dalam oli, mengendap di bak oli matic dan terperangkap pada magnet di dasar bak oli matic.

Filter oli matic tidak akan pernah mampet karena kotoran yang minim itu. Memang akan ada sedikit kotoran yang menyumbat, tapi kurang dari 10 persen area penampang filter.

Filter oli matic sanggup menyaring kotoran dan bekerja dengan baik sampai terjadi kegagalan kerja pada gearbox matic.

Apakah filter oli matic bisa mampet? Bisa, hanya jika terjadi kegagalan kerja pada gearbox matic, misalnya akibat tekanan oli matic yang tidak stabil atau dibawah spesifikasi, lalu clutch, band dan CVT slip. Slip ini menciptakan gesekan yang berlebihan akibatnya oli kotor dan filter oli matic mampet.

Jadi, kesimpulannya dalam kondisi transmisi matic sehat dan semua sistem atau komponen bekerja baik, filter oli matic tidak akan bisa mampet.

Kalau sampai filter oli matic mampet, pasti ada komponen atau sistem transmisi matic yang sedang bermasalah. Yang diperbaiki komponen atau sistem yang bermasalah dulu, baru ganti filter oli maticnya.

Penggantian filter oli matic wajib dilakukan saat overhaul gearbox matic saja, kalau hanya kuras, flushing atau ganti oli matic tidak perlu ganti filter. Itupun untuk jenis filter logam bisa dicuci.

Kecuali Anda kaya, mau tiap bulan ganti filter oli matic boleh. Jangankan ganti filter oli matic, bagi-bagi duit di jalanan juga boleh.*