Begini Cara Mudah Membedakan Mobil Matic AT Konvensional atau CVT

Bagaimana cara mudah membedakan mobil bertransmisi otomatis AT konvensional atau CVT?

Bagi orang awam pada umumnya, sulit membedakan kedua tipe transmisi otomatis tersebut.

Apalagi kalau mereka mau membeli mobil baru atau seken. Berikut saya sampaikan cara mudah untuk membedakannya:

  1. Bila beli mobil matic baru, lihat spesifikasi pada brosur kendaraan. Pada kolom transmisi, setelah mesin biasanya ditulis jenis transmisi otomatisnya AT atau CVT.
  2. Lihat huruf dan angka di samping tuas matic. Bila tertulis P R N D-3 2 1 dipastikan tipe AT. Untuk CVT non tiptronic, biasanya hanya tertulis P R N D S/L. Yang agak sulit untuk mobil kelas menengah atas yang sudah dilengkapi mode tiptronic, karena sama-sama ada pilihan mode manual matic dan Shift Up dan Down-nya.
  3. Tes drive mobil. Untuk mobil matic konvensional perpindahan gigi otomatis 1st, 2nd, 3rd, 4th etc biasanya terasa. Kalau CVT tidak terasa, halus.
  4. Kalau ada alat scanner, coba intip di sub menu ECU Information pada menu Diagnosis. Biasanya ada keterangan tipe transmisi maticnya AT konvensional atau CVT.
  5. Kalau poin 4 tidak tampak, coba masuk ke sub menu Live Data atau Data Stream. Lihat apakah ada parameter yang nunjukin pulley primer atau sekunder, kalau ada dipastikan CVT.
  6. Kalau scanner gak punya, coba periksa tipe oli maticnya jenis ATF atau CVT. Oli CVT lebih kuat dan menyengat aromanya.

Demikian tips singkat cara membedakan tipe transmisi matic AT konvensional atau CVT bagi pemula.*