Bagi Pengguna, Ini 3 Fungsi Tombol OD Matic

Tidak semua mobil matic dilengkapi tombol overdrive atau OD pada tuas transmisi maticnya.

Ada yang tidak ada tombol OD. Ada tombol OD yang tidak diletakkan di tuas matic, tapi di console sekitar tuas.

Ada juga yang tombol OD diganti angka 3 di samping posisi tuas D (drive). Seperti pada mobil Avanza, Rush, Xenia, Terios lama dan sejenisnya.

Tombol OD pada transmisi matic biasanya disertai indikator ODoff pada instrumen cluster.

Pada saat tombol OD ditekan, indikator ODoff akan menyala. Ini menunjukkan bahwa rasio gigi overdrive tidak diaktifkan.

Ada 3 fungsi utama tombol OD :

1. Untuk Tanjakan Tanggung

Saat Anda bawa mobil melintasi tanjakan tanggung, tidak curam dan tidak landai, tapi panjang, sebaiknya tekan tombol OD dan biarkan indikator ODoff hidup.

Maka mobil akan melaju lebih bertenaga, dibanding saat tuas di D.

2. Menyalip Mobil Lain

Dalam kondisi tertentu Anda mungkin perlu mendahului mobil lain. Saat laju mobil di atas 60 km/jam tekan tombol OD, maka gigi akan turun satu tingkat dan mobil lebih bertenaga.

Selain turun gigi satu tingkat juga terasa efek akselerasinya.

3. Membatasi Laju Mobil

Dalam situasi tertentu, mungkin Anda ingin membatasi laju mobil tidak lebih dari 60 km/jam.

Anda bisa tekan tombol OD, sehingga kalau laju mobil di atas 60 km/jam mobil akan terasa meraung.

Saat ikut iring-iringan mobil, situasi itu kadang membantu.

Ikuti tips yang lain di IG Worner Matic(WDY)

—————————————————–

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch; mobil CBU & CKD (AS, Eropa dan Asia). Diagnosa Akurat dan Terjangkau. Pasti, Bergaransi & Terpercaya.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok), Bekasi dan Semarang.
Telp/WA 08121015018

Ada Yang Pasti, untuk Apa Spekulasi