Selain Test Drive, 4 Hal Ini Perlu Dilakukan Sebelum Membayar Mobil Matic Seken

Mobil matic sekarang jadi primadona. Cewek-cowok, semua suka pakai mobil matic.

Meski enak, ternyata nggak mudah lho membeli mobil matic seken. Jangankan orang awam, pedagang juga suka “kejeblos” alias salah beli.

Bukannya mobil bagus dan untung yang didapat, tapi buntung karena dandan melulu.

Dari pengalaman Worner Matic (bengkel spesialis mobil matic & transmisi otomatis), berikut 5 hal yang harus dilakukan sebelum membayar mobil matic seken yang ditaksir :

1. Lakukan Test Drive

Mutlak dilakukan. Di kondisi jalanan datar, menanjak landai atau tajam. Perhatikan perpindahan gigi otomatisnya (konvensional) dan smooth atau tidak (CVT)

Apakah mobil start jalan dari gigi 1st atau tidak. Down shift bekerja baik tidak. Akselerasi bagus tidak.

Pastikan juga saat akselerasi nyentak atau slip. Juga saat direm mendadak tampak down shift kasar tidak.

Saat jalan datar, RPM 2.000 apa bisa lari di atas 70 km/jam. Saat nanjak bertenaga tidak. Pastikan juga saat kondisi mesin dingin dan panas.

2. Observasi Fisik

Cek volume dan kondisi oli matic. Kurang atau kotor. Juga pastikan ada rembes oli matic atau mesin di kolong mobil.

Bocor oli matic menunjukkan mobil sudah berumur dan matic sudah tua. Kalau pernah perbaikan, bocor oli matic menunjukkan perbaikan sebelumnya asal.

Pastikan kondisi tuas dan fitur transmisi matic, apakah semua berfungsi baik. Juga lampu indikator di meter, normal tidak.

Periksa juga dari kemungkinan bekas tabrakan atau banjir. Untuk banjir cek bagian bawah dashboard di area pengemudi, ada karat atau tumpukan lumpur.

3. Scanning

Lakukan diagnosa dengan alat scan. Adakah kode fault yang muncul. Pastikan scanning dilakukan setelah test drive.

Periksa satu-satu apakah semua sistem bekerja baik. Jika mobil ada masalah dan tetap ingin beli, konsultasikan ke bengkel yang kompeten, jangan asal.

4. Lakukan General Check Up

Setelah sepakat dan mobil dibayar, sebelum dipakai harian sebaiknya lakukan general check up.

General check up untuk memastikan mobil sehat dan benar aman dikendarai atau tidak. Keselamatan penting, apalagi mobil juga untuk keluarga.

Jika matic bermasalah, bawa ke bengkel yang kompeten dan tanggung jawab.

Membedakan bengkel kompeten dari tingkat keberhasilan perbaikan, portofolio di IG, ada garansi, ada jaminan uang kembali, ada teknisi ahli dan diagnosa yang baik, ada kesepakatan tertulis soal siapa yang menanggung risiko jika masalah sampai tidak tuntas. Intinya jangan sampai pemilik mobil keluar uang tapi mobilnya tidak beres.*

—————————————————–

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch; mobil CBU & CKD (AS, Eropa dan Asia). Diagnosa Akurat dan Terjangkau. Pasti, Bergaransi & Terpercaya.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok), Bekasi dan Semarang.
Telp/WA 08121015018

Ada Yang Pasti, untuk Apa Spekulasi