Diagnosa dan Analisa Penting, Menghindari “Repair Trap”

Oleh: Hermas E Prabowo

Mengapa perbaikan transmisi matic mobil perlu diagnosa dan analisa kerusakan yang akurat? Salah satunya untuk menghindari “repair trap”.

Repair trap adalah suatu kondisi di mana pemilik mobil terjebak dalam situasi yang tidak menguntungkan pada saat memperbaiki transmisi matic.

Bagaimana cara menghindari repair trap yang efektif?

Pertama, tawaran harga murah tapi tidak rasional. Hati-hati dengan tawaran biaya murah, karena bisa jadi setelah dibongkar biaya malah membengkak.

Cara selamat, tanyakan tawaran biaya murah itu 100 persen fixed atau bisa berubah. Kalau fixed, buat perjanjian bahwa segala risiko penambahan biaya ditanggung pihak yang mengerjakan, dan bila tidak tuntas semua uang yang keluar kembali 100 persen. Kalau ragu, mundur.

Kedua, menggampangkan masalah. Mengaku sudah punya pengalaman, lalu menganggap semua masalah sama dan mudah.

Solusi, buat tantangan kalau masalah tidak tuntas apakah semua biaya sparepart, oli matic, dan jasa bisa kembali 100 persen. Kalau ragu, mundur. Kalau yakin, buat kesepakatan hitam di atas putih.

Ketiga, pemilik mobil diminta beli sparepart dan oli matic sendiri. Kesannya open, tapi hati-hati bila ada masalah risiko kegagalan 100 persen ditanggung pemilik mobil. Yang mengerjakan itung-itung modal tenaga dan belajar gratis.

Solusi, berani tidak untuk tanggung jawab, uang kembali 100 persen, untuk sparepart, oli matic dan jasa bila masalah tidak tuntas. Kalau tidak berani, mundur.

Keempat, tawaran bongkar dulu, nanti sambil dilihat. Hati-hati dengan tawaran ini, Anda musti persiapan dengan risiko perbaikan skala mudah, sedang dan berat.

Kalau duit cukup, tidak masalah. Kalau tidak, lebih baik mundur. Ada area abu-abu yang bisa saja menguntungkan, bisa saja butuh biaya besar.

Kelima, saran dari toko sparepart untuk membeli part matic A, B, C, D dst lalu direkomendasikan dikerjakan ke mekanik atau bengkel tertentu.

Penjual sparepart tidak punya keahlian, kompetensi dan pengetahuan dalam mendiagnosa dan menganalisa kerusakan transmisi matic. Tidak sepatutnya menyandarkan keputusan perbaikan pada mereka

Ini sama halnya jika terjadi kegagalan perbaikan dan kerusakan tidak tuntas, uang Anda tidak akan kembali. Karena part yang sudah terpasang tidak bisa dikembalikan.

Solusinya mudah, tanya ke penjual, kalau perbaikan tidak selesai dan tuntas, apa sparepart yang sudah dipasang bisa dikembalikan dan uang kembali 100 persen.

Kalau tidak bisa, mundur. Karena itu artinya Anda menanggung risiko kegagalan 100 persen.

Keenam, ganti gelondongan gearbox matic bekas lokal atau eks Singapura. Tidak semua masalah transmisi matic bersumber dari gearbox matic, bisa dari yang lain.

Tawaran ganti gelondongan boleh saja, tapi kalau tidak tuntas apakah uang oli matic dan jasa turun & install gearbox matic bisa kembali 100 persen. Kalau ragu, mundur.

Teknologi transmisi matic mobil complicated. Satu gejala, banyak kemungkinan. Perlu keahlian, ilmu, kompetensi dan skill yang baik untuk mendiagnosa, menganalisa dan memperbaiki. Pengalaman saja tidaklah cukup.*

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch; mobil CBU & CKD (AS, Eropa dan Asia.) Pasti, Bergaransi & Terpercaya.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok), Bekasi dan Semarang.
Telp/WA 08121015018

Ada Yang Pasti, untuk Apa Spekulasi