Mobil Matic (Boleh) Didorong

Penulis: Hermas E Prabowo*

Apakah mobil matic boleh didorong? Baik dalam kondisi mogok atau saat menggeser di parkiran.

Jawabannya: boleh! Tidak ada larangan untuk mendorong mobil matic dengan alasan apapun.

Yang penting syaratnya, pastikan tuas digeser dulu ke N dan kunci kontak dalam posisi ON dan mesin mati.

Karena jika tuas di P, mobil tidak bisa bergerak. Parking pawl gearbox matic masih nyantol (nge-lock) di output gear dalam gearbox matic.

Mengapa kunci kontak harus di posisi ON? Karena kalau di posisi OFF dapat merusak kabel spiral airbag dan klakson, jika saat didorong terpaksa memutar stir.

Mekanisme Kerja

Pada saat tuas di N, output shaft transmisi/gearbox matic dalam kondisi bebas. Dia bisa ikut putaran roda dengan aman.

Dalam kondisi mesin mati, clutch dan brake band atau multi disc brake tidak bekerja. Kampas kopling tidak bekerja, dan dalam kondisi bebas.

Begitu pula dengan planetary gear set dan input shaft pada transmisi matic juga bebas.

Putaran dari roda saat mobil didorong diteruskan ke output shaft (RWD) dan diferensial (FWD), lalu akan “terputus” di clutch setelah melewati planetary gear set, sehingga tidak merusak apapun.

Bagaimana dengan mobil matic CVT? Saat mesin mati, kontak ON, mobil didorong dan roda berputar, as roda ikut berputar lalu memutar diferensial.

Lanjut memutar pulley CVT primer dan sekunder, sebelum putaran terputus di forward clutch, dan tidak diteruskan ke input shaft.

Khusus untuk transmisi matic CVT yang dilengkapi start clutch, sebelum sampai di pulley sekunder, putaran dari roda terputus di start clutch.

Semoga bermanfaat.

*Teknisi ahli Worner Matic, bengkel spesialis transmisi matic & mobil matic.

—————————————————–

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch; mobil CBU & CKD (AS, Eropa dan Asia). Diagnosa Akurat dan Terjangkau. Pasti, Bergaransi & Terpercaya.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok), Bekasi dan Semarang.
Telp/WA 08121015018

Ada Yang Pasti, untuk Apa Spekulasi