Bau Gosong, Gejala atau Ciri Transmisi Matic Rusak (1st)

Oleh: Hermas E Prabowo

Bau gosong sering dirasa pengendara mobil matic. Acap kali bau gosong menjadi gejala atau ciri awal transmisi matic bermasalah atau rusak.

Sumber bau biasanya dari area mesin, di sekitaran transmisi matic. Bau gosong tidak jarang tercium sampai ruang kemudi, saat melintasi jalanan menanjak, misalnya.

Transmisi matic tipe konvensional, menggunakan jenis kopling basah (wet clutch). Kepingan kampas kopling (friction clutch) yang jumlahnya belasan hingga puluhan keping itu bekerja bergantian by order, untuk menciptakan rasio gigi tertentu.

Karena beban kerja yang berat, atau akibat usia pakai dan keausan, membuat kerja clutch dan brake dalam gearbox matic tidak optimal.

Pengalaman di Worner Matic, bengkel spesialis transmisi otomatis dan mobil matic, transmisi matic yang sudah pernah mengeluarkan bau gosong biasanya friction clutch-nya ada jejak terbakar dan oli menghitam.

Transmisi matic yang sudah pernah timbul bau gosong, umumnya kinerjanya mulai berkurang. Bisa 5 – 10 persen, terkadang lebih.

Begitu pula top speed tidak jarang lebih susah dicapai. Kalaupun bisa butuh waktu lebih lama, kurang responsif.

Tentu kondisi ini tidak bisa dibiarkan, karena akan berdampak pada kerusakan lebih parah.

Dalam banyak kasus, butuh ekstra perhatian untuk mencari sumber masalah timbulnya bau gosong. Tidak cukup hanya mengganti komponen yang gosong atau terbakar saja, bisa tidak awet.

Butuh pengalaman dan uji tekanan oli di setiap level untuk memastikan semua komponen dan sistem pada transmisi matic bekerja baik agar perbaikan mencapai hasil optimal.*

—————————————————–

Worner Matic
Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic AT, CVT, Dual Clutch; mobil CBU & CKD (AS, Eropa dan Asia). Diagnosa Akurat dan Terjangkau. Pasti, Bergaransi & Terpercaya.

Lokasi Bengkel: Bintaro, Cinere (Depok) dan Bekasi.
Telp/WA 08121015018

Info lebih lanjut silakan Klik IG Worner Matic

Ada Yang Pasti, untuk Apa Spekulasi